Penyandang Disabilitas di Temanggung Sekarang Bisa Manfaatkan Layanan Terapi Cuma-cuma, Ada Fisioterapi sampai Pendampingan Psikolog

Penyandang disabilitas memerlukan terapi khusus untuk mengembangkan kemampuan dan tumbuh kembangnya.

Sayangnya, terapi tak jarang menjadi hal yang sulit ditempuh oleh sebagian difabel salah satunya sebab biaya yang tak murah.

Berangkat dari kendala hal yang demikian, Kementerian Sosial (Kemensos) melalui Pusat Terpadu Kartini Temanggung mengupayakan penanganan optimal kepada penerima manfaat. Salah satunya dengan memberikan layanan Terapi Khusus bagi Penyandang Disabilitas dan Buah Berkebutuhan Khusus (LATIH ADIKKU) dari keluarga tak mampu.

Instalasi terapi di sini berupa layanan fisioterapi, okupasi terapi, terapi wicara serta layanan dokter,” ujar Laily Tri Utami, seorang fisioterapis di Pusat Terpadu Kartini, Temanggung mengutip keterangan Kemensos, Selasa (7/5/2024).

Berdasarkan Laily, terapi khusus Pusat slot gacor hari ini Terpadu Kartini mempunyai keunggulan tersendiri, yaitu semua layanan cuma-cuma dan tak antri diperbandingkan di rumah sakit.

Daerah terapi juga disupport beraneka fasilitas, ada pendampingan psikolog, pekerja sosial, serta edukasi atau penyuluhan bagi ayah dan bunda penerima manfaat (PM). Keunggulan ini sudah dirasakan ayah dan bunda penerima manfaat.

\\”Perbedaannya (dengan daerah terapi lain) apabila disini kencang, lancar tanpa ngantre, terus cuma-cuma,\\” kata salah satu penerima manfaat, Saodah.

Tidak cuma masyarakat yang merasa dipermudah dengan adanya daerah terapi ini, para terapis juga merasa senang dapat memberikan layanan terbaik.

“Amat senang saya dapat melayani pasien anak berkebutuhan khusus (ABK) dari keluarga tak mampu. Bagi keluarga pasien yang jauh jarak rumahnya, pusat menyediakan mobil antar jemput juga,” jelas Laily.

Replikasi Layanan di Beraneka Kota
Karena tingginya animo masyarakat kepada layanan terapi, maka replikasi di sebagian kawasan kerja Pusat Terpadu Kartini pun dikerjakan.

Layanan yang dikenal dengan rumah terapi ini sudah direplikasi di Kota Madiun, Kota Magelang, Kabupaten Magetan, Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Batang dan Kota Pekalongan.

Amat Bermanfaat bagi Masyarakat
Dalam keterangan yang sama, Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Wonosobo, Hasti, mengatakan bahwa layanan terapi ini betul-betul berguna bagi masyarakatnya.

Dengan layanan ini, masyarakat yang berada pada garis kemiskinan dapat mengakses fasilitas kesehatan untuk anak-anak mereka.

\\”Kami menyatakan terima kasih kepada Kementerian Sosial melalui Pusat Terpadu Kartini Temanggung yang sudah memfasilitasi masyarakat kami berhubungan layanan terapi, okupasi dan fisioterapi,\\” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.